Setting Router dan DHCP Server pada Ubuntu 12.04 Linux: Menjadikan Ubuntu 12.04 Menjadi Router dan DHCP Server

Asumsi
eth0: IP 192.168.2.101 (terhubung ke Internet dengan NameServer: 192.168.2.1)
eth1: IP 192.168.1.1 (Terhubung ke LAN, IP LAN Client 192.168.1.2-192.168.1.254)
1. Konfigurasi IP
# gedit /etc/network/interfaces
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
auto lo
iface lo inet loopback
auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.2.101
netmask 255.255.255.0
gateway 192.168.2.1
network 192.168.2.0
broadcast 192.168.2.255
dns-nameservers 192.168.2.1
dns-search bkpgorontalo.org
auto eth1
iface eth1 inet static
address 192.168.1.1
netmask 255.255.255.0
network 192.168.1.0
broadcast 192.168.1.255
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
# /etc/init.d/networking restart
2. Konfigurasi Routing (iptables)
# gedit /etc/sysctl.conf
Cari kata berikut, hilangkan tanda pagar didepannya
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
net.ipv4.ip_forward=1
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
# sudo sysctl -w net.ipv4.ip_forward=1
# sudo /sbin/iptables -P FORWARD ACCEPT
# sudo /sbin/iptables –table nat -A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE
Taruh di rc.local, agar konfigurasi tidak hilang:
# gedit /etc/rc.local
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
sudo /sbin/iptables -P FORWARD ACCEPT
sudo /sbin/iptables –table nat -A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE
exit 0
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
# sudo apt-get install isc-dhcp-server
# sudo gedit /etc/dhcp/dhcpd.conf
Cari kata
A slightly different configuration for an internal subnet
Buat baris berikut di bawahnya
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
subnet 192.168.1.0 netmask 255.255.255.0 {
range 192.168.1.2 192.168.1.250;
option domain-name-servers 192.168.2.1;
option domain-name “bkpgorontalo.org”;
option routers 192.168.1.1;
option broadcast-address 192.168.1.254;
default-lease-time 3600;
max-lease-time 7200;
}
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
# sudo gedit /etc/default/isc-dhcp-server
Cari kata
INTERFACES=””
Ubah menjadi
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
INTERFACES=”eth1″
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _
# sudo service isc-dhcp-server stop
# sudo service isc-dhcp-server start

🙂 SELESAI . . . . .
Lanjutkan dengan Setting PROXY

7 pemikiran pada “Setting Router dan DHCP Server pada Ubuntu 12.04 Linux: Menjadikan Ubuntu 12.04 Menjadi Router dan DHCP Server

  1. gan, saat saya ketikkan perintah ini
    # sudo gedit /etc/dhcp/dhcpd.conf

    lalu saya Cari kata
    A slightly different configuration for an internal subnet — tidak ada gan tampilannya hanya layar hitam dengan tulisan GNU 2.2.6 file: /etc/dhcp/dhcpd/conf
    untuk kata yang “A slightly different configuration for an internal subnet” gak ada gan hanya layar hitam aja, lalu saya coba isi dengan panduan yang mas buat diatas saat saya mau save gak bisa gan, ada pesan error..
    mas, tolong share dong detail cara settingnya..saya baru ini belajar ubuntu mas, sebelumnya gak pernah..
    sekali lagi thanks gan…

    • ubuntu berapa yang di pakai ya…, klo g di bawah 12.04, sepertinya ada perbedaan letak file konfigurasi. atau cek dulu udah di install blm dhcp-server nya. saya juga msih belajar mas bro, jg banyak yang blm tau

  2. gan pad baris

    “sudo /sbin/iptables -table nat -A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE”

    kok g bisa y . . . katanya

    bad argument ‘nat’
    Try ‘iptables -h’ or ‘iptables –help’ for more information

    mohon pencerahannya . . .

    • Hello Black Code

      Di depan table gunakan dua strip bukan satu
      bukan -table tetapi –table
      sehingga lengkapnya
      sudo /sbin/iptables –table nat -A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE

      Semoga membantu
      Terimakasih telah berkunjung

    • di website dua srip – – akan berubah jadi long strip — , jadi setelah copy-paste hapus dulu stripnya (yang ada di depan table), kemudian ketik ulang stripnya

  3. Ping balik: Catatanku: Membuat Multiple IP pada Ubuntu 12.04 « POPT Ahli & IT

  4. Ping balik: SQUID3 PROXY dalam Catatanku : Setting Proxy Squid pada Ubuntu 12.04 « POPT Ahli & IT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s